Android mulai banyak dibicarakan di Indonesia belakangan ini, bukan sebagai benda di ruang angkasa, tetapi merupakan bagian dari perangkat elektronik modern.  Sekarang ini masih ada sebagian dari kita yang belum mengetahui apakah android itu, apakah kegunaan android, apakah fungsi android dan apakah maksud android dibuat.

Setiap produk baru yang dibuat oleh manusia tentu bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan suatu kegiatan, demikian pula bila ditanya tentang maksud android dibuat dan apakah kegunaan android serta apakah fungsi android, yang  jelas secara umum adalah untuk memberikan kemudahan pada para penggunanya. Bila setiap hari kita mencari suatu informasi di internet melalui mesin pencari Google, maka mungkin juga ada yang bertanya, untuk apakah mesin pencari Google itu? tentu saja untuk memberikan kemudahan pada pengguna untuk mendapatkan banyak informasi dari seluruh dunia.

Android merupakan Sistem Operasi yang digunakan untuk perangkat mobile, misalnya SmartPhone dan komputer tablet. Keberadaan android dikembangkan oleh Open Handset Alliance oleh Google led.

Google mengakuisisi Android Inc pada bulan Agustus 2005, membuat Android Inc anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google Inc Kunci karyawan Android Inc, termasuk Andy Rubin, Kaya Miner dan Chris White, tinggal di perusahaan setelah akuisisi. Tidak banyak yang diketahui tentang Android Inc pada saat akuisisi, tapi banyak yang mengira bahwa Google berencana untuk memasuki pasar ponsel dengan langkah ini.

Spekulasi tentang niat Google untuk memasuki pasar komunikasi mobile terus membangun sampai Desember 2006. Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal mencatat bahwa Google ingin pencariannya dan aplikasi pada ponsel dan itu bekerja keras untuk memberikan itu. Cetak dan media online segera melaporkan rumor outlet bahwa Google sedang mengembangkan handset bermerek Google. Beberapa berspekulasi bahwa Google menentukan spesifikasi teknis, itu menunjukkan prototipe untuk produsen ponsel dan operator jaringan.

Pada tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance, sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan yang termasuk Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instrumen meluncurkan sendiri. Tujuan dari Open Handset Alliance adalah untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile.  Pada hari yang sama, Open Handset Alliance juga unveiled produk pertama mereka, Android, sebuah platform perangkat mobile yang dibangun di Linux kernel versi 2.6.

Pada perkembangan selanjutnya Android telah melihat sejumlah update sejak rilis aslinya, masing-masing fitur memperbaiki bug dan menambahkan yang baru.

Rilis terakhir dari Android adalah : Gingerbread, Honeycomb dan Ice Cream Sandwich yang diperkenalkan pada 19 Oktober 2011.

Fitur-fitur yang ada pada Android :

Handset layout

Platform ini adalah beradaptasi dengan yang lebih besar, VGA, 2D grafis perpustakaan, perpustakaan grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 2.0, dan tata letak smartphone tradisional.

Penyimpanan

SQLite, database relasional ringan, digunakan untuk tujuan penyimpanan data.

Konektivitas

Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, dan WiMAX NFC.

Pesan

SMS dan MMS tersedia bentuk pesan, termasuk pesan teks berulir dan sekarang Cloud Android Untuk Perangkat Pesan (C2DM) juga merupakan bagian dari Android Dorong Layanan Olahpesan.

Beberapa dukungan bahasa

Android mendukung beberapa  bahasa

Web browser

Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada mesin open source WebKit tata letak, ditambah dengan mesin JavaScript Chrome V8. Browser skor 100/100 pada tes Acid3 pada Android 4.0, namun memang memiliki beberapa masalah rendering.

Dukungan Java

Sementara sebagian besar aplikasi Android ditulis di Jawa, tidak ada Java Virtual Machine di platform dan kode Java byte tidak dieksekusi. Kelas Java dikompilasi ke dalam executable Dalvik dan berjalan di Dalvik, mesin virtual khusus yang dirancang khusus untuk Android dan dioptimalkan untuk baterai bertenaga perangkat mobile dengan memori terbatas dan CPU. J2ME dukungan dapat diberikan melalui aplikasi pihak ketiga.

Dukungan media

Android mendukung audio / video berikut / masih format media: WebM, H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau 3GP kontainer), MP3, MIDI, Ogg Vorbis, FLAC, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.

Dukungan media streaming

RTP / RTSP streaming (3GPP PSS, Isma), HTML download progresif (HTML5 <video> tag). Adobe Flash Streaming (RTMP) dan Streaming HTTP Dinamis didukung oleh Flash plugin. Apple HTTP Live Streaming didukung oleh RealPlayer untuk Mobile,  dan oleh sistem operasi di Android 3.0 (Honeycomb).

Tambahan dukungan hardware

Android dapat menggunakan video / kamera, layar sentuh, GPS, akselerometer, giroskop, barometer, magnetometer, kontrol game khusus, sensor jarak dan tekanan, termometer, dipercepat sedikit blits 2D (dengan orientasi perangkat keras, scaling, konversi format piksel) dan grafis 3D dipercepat .

Multi-touch

Android memiliki dukungan asli untuk multi-sentuh yang awalnya dibuat tersedia dalam handset seperti HTC Hero. Fitur ini awalnya dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari pelanggaran paten Apple pada teknologi layar sentuh pada saat itu) . Google telah sejak merilis update untuk Nexus One dan Droid Motorola yang memungkinkan multi-touch native.

Bluetooth

Mendukung A2DP, AVRCP, mengirim file (OPP), mengakses buku telepon (PBAP), panggilan suara dan mengirim kontak antara telepon. Keyboard, mouse dan joystick (HID) dukungan tersedia di Android 3.1 +, dan di versi sebelumnya melalui kustomisasi produsen dan aplikasi pihak ketiga.

Panggilan video

Android tidak mendukung panggilan video asli, tetapi beberapa handset memiliki versi disesuaikan dari sistem operasi yang mendukung, baik melalui jaringan UMTS (seperti Samsung Galaxy S) atau over IP. Panggilan video melalui Google Talk tersedia di Android 2.3.4 dan kemudian. Gingerbread Nexus S memungkinkan untuk menempatkan panggilan Internet dengan account SIP. Hal ini memungkinkan untuk ditingkatkan VoIP panggilan ke account SIP lain dan bahkan nomor telepon. Skype 2.1 menawarkan video calling di Android 2.3, termasuk dukungan kamera depan.

Multitasking

Multitasking aplikasi yang tersedia.

Fitur suara berbasis

Pencarian Google melalui suara telah tersedia sejak rilis awal, tindakan Suara untuk menelepon, SMS, navigasi, dll yang didukung pada Android 2.2 dan seterusnya…

Penarikan

Android mendukung penarikan, yang memungkinkan ponsel untuk digunakan sebagai nirkabel / kabel Wi-Fi hotspot. Sebelum Android 2.2 ini didukung oleh aplikasi pihak ketiga atau kustomisasi produsen.

Screen capture

Android memiliki dukungan asli untuk menangkap screenshot kemampuan dengan menekan tombol volume daya dan pada saat yang sama pada perangkat Android. Ini dukungan asli muncul dengan rilis Android 4.0 (Es Sandwich Cream) update yang pertama kali terlihat pada smartphone Nexus Galaxy.

Apakah fungsi Android dan Apakah Kegunaan Android ?

Sistem operasi Android memungkinkan untuk digunakan pada beberapa perangkat elektronik antara lain :  smartphone, laptop, netbook, komputer tablet, Google TV, jam tangan, headphone, Mobil CD dan pemutar DVD.

Platform hardware utama untuk Android adalah arsitektur ARM. Ada dukungan untuk x86 dari proyek Android-x86,  dan Google TV menggunakan versi x86 khusus dari Android.

Telepon komersial pertama yang tersedia untuk menjalankan Android HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada awal 2010 Google bekerja sama dengan HTC untuk meluncurkan andalannya  perangkat Android, Nexus One. Ini diikuti kemudian pada tahun 2010 dengan munculnya Samsung Nexus S dan pada tahun 2011 dengan Nexus Galaxy.

About these ads