6. memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya, dua sub yang dilewatkanpada repeater memiliki protocol yang sama untuk semua lapisan. Repeater jugaberfungsisebagai memperbesar batasan panjang satu segmen.
Bridges
Sebuah bridge, biasanya disebut sebagai sebuahrepeater mengcopy atau mengulan paket dari satusegment jaringan ke yang lainnya. Kompleksitas darisebuah bridges dan fungsi pasti bergantung padaperbedaan antara segement jaringan yang terkoneksi.Bridges yang sederhana mengkoneksi segment jaringanyang menggunakan identik kecepatan transmisi, tipe paketdan protokol. Bridge yang lebih komplek menghubungkansegment jaringan yang tidak sama dan menterjemaahkanformat paket dan protokol jaringan .Sebuah bridge memeriksa paket pada setiap jaringan untuk tujuan alamat dari titik koneksipada jaringan lain dan mencopy paket tersebut kepada jaringan lain. Pada saat jaringan bridgememeriksa paket juga memeriksa pada sumber alamat dan mengupdate tabel internal darialamat titik koneksi pada setiap segment jaringan. Bridge biasanya digunakan untuk :a. Membangun sebuah virtual LAN dari dua LAN yang terpisah.b. Membagi sebuah LAN ke dalam segment untuk meminimalkan kesempitan pada jaringan.Design dari sebuah jaringan biasanya dibutuhkan untuk membangun sebuah LAN yang lebihbesar dari standar design yang diperbolehkan. Sebagai contoh, 100-Mbps Ethernet LAN tidakbisa lebih panjang dari 210 meter. Jika 300-meter LAN dibutuhkan, maka 2 LAN yang lebihpendek bisa digabungkan dengan sebuah bridge. LAN bridge biasanya disebut Virtual LAN. Jika sebuah LAN secara rutin dipenuhi dengan trafik, keluarannya bisa ditingkatkan denganmembagi LAN menjadi 2 atau lebih segment dan menggabungkan segmen dengan bridge. Titikkoneksi yang mempunyai volume komunikasi yang tinggi satu dengan yang lainnya terhubungdalam satu segment jaringan dengan meminimalkan jumlah paket yang dibutuhkan untukmelewati bridge.
RJ 45
Fungsi fungsi perangkat internet
7. RJ45 adalah nama konektor jenis digunakan untukkoneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router dan aktif dan juga modem dan perangkat lain yang mendukunginterface Ethernet.RJ45 merupakan standar untuksteker yang Anda gunakan untuk menghubungkankabel cat5 ke jaringan. It’s an 8 connector plug thatlooks like a larger version of a phone plug. It’s an 8Konektor steker seperti versi yang lebih besar darikonektor telepon.
 Teknik paling murah dan cukup memuaskan adalah menggunakan kabel UTP. UTP kabelmerupakan singkatan Unshielded Twisted Pair, yaiu kabel yang terdiri dari 4 pasang(biru, oranye, hijau, dan coklat) kabel yang dipilin menurut aturan tertentu dandigunakan untuk mentransfer/menerima data.
Kabel ini terdiri dari beberapa jenis :1. UTP cat 5, teknologi 100Base-T, frekuensi 16 MHz. Bandwidth data mencapai 100 Mbps (teoritis)2. UTP cat 5e, teknologi 1000Base-T, frekuensi 100 MHz. Bandwidth data mencapai 1.000 Mbps (teoritis)3. UTP cat 6, teknologi 1000Base-T, frekuensi 250 MHz. Bandwidth data mencapai 2.500 Mbps (teoritis)
 Tabel fungsi dan gambar perangkat keras pada internetNo.Nama PerangkatGambarFungsi1.HubMenerima sinyal dari satu komputer danmentransmisikannya ke komputer yang lainberfungsi untuk menggabungkan beberapakomputer menjadi satu buah kelompok jaringansemua informasi yang datang akan dikirimkanke semua komputer (broadcast)2.Modem eksternalMenyambungkan pc ke server yang perangkatkerasnya berada di dalam CPU3.Modem internalMenyambungkan pc ke server yang perangkatkeras nya berada di dalam CPU4.Kabel coaxialDigunakan untuk instalasi dalamruangan/gedung, dan transceiver data.Biasanya transceiver data digunakan dikalangan radio amatir
(
pada jenis
KabelCoaxial Thinnet/Kabel RG-58)
Fungsi fungsi perangkat internet
8. Kabel UTPKabel telepon yang digunakan untuk mengirimdata dan menerima data (Ethernet). Yangdisambungkan pada kabel telepon.6.T-connectorMembagi/memecah kabel-kabel connectormenjadi 2 bagian.7.Router Memonitor pola dari traffic dan penambahandari titik koneksi, modifikasi, dan penghapusandan mengcopy data dari segment satu ke yanglain dengan lebih baik.8.Repeater Berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel ,misalnya pada sebuah jaringan LAN dengantopologi start yang menggunakan kabel UTP.9.BridgeBekerja dengan meneruskan paket Ethernetdari satu jaringan ke jaringan lain. Bridge dapatmenghubungkan jaringan yang menggunakanmetode transmisi yang berbeda dan ataumedium acces control yang berbeda.10.RJ 45Meyambungkan network pada hub lalu antaracomputer dengan computer.
Fungsi fungsi perangkat internet
About these ads