Semua pengaturan pribadi Anda, bookmark, dan informasi lainnya yang disimpan dalam Anda profil Firefox . Untuk memulai, Firefox membutuhkan profil terbuka dan jika ini tidak terjadi, ini akan menampilkan pesan “Firefox sudah berjalan, namun tidak menanggapi”. Artikel ini menjelaskan cara untuk mencegah pesan ini tidak ditampilkan pada saat startup.

Firefox Already Running - Win1

1. Akhiri proses Firefox

Jika Firefox tidak menutup biasanya saat terakhir Anda menggunakannya, Firefox mungkin masih berjalan di latar belakang, meskipun tidak terlihat. Restart komputer Anda untuk melihat apakah masalah akan hilang.

Alih-alih me-restart komputer Anda, Anda juga dapat menggunakan Windows Task Manager untuk menutup proses Firefox yang ada:

  1. Klik kanan pada tempat kosong di task bar Windows dan pilih Task Manager (atau tekan Ctrl + Shift + Esc).
  2. Ketika Windows Task Manager terbuka, pilih tab Proses.Task Manager
  3. Pilih entri untuk firefox.exe (tekan F pada keyboard untuk menemukannya) dan klik End Process.
  4. Klik Yes pada “Task Manager Peringatan” dialog yang muncul.
  5. Ulangi langkah di atas untuk mengakhiri setiap proses firefox.exe tambahan, jika lebih dari satu entri ditemukan, kemudian keluar dari Windows Task Manager.
  6. Mulai Firefox normal.

2. Hapus file kunci profil

Jika restart komputer atau mengakhiri proses Firefox tidak membantu, mungkin bahwa Firefox sebelumnya keluar tanpa menghapus file kunci.

  1. Restart komputer Anda. Setelah restart, jangan mencoba untuk memulai Firefox.
  2. Pergi ke folder profil Firefox Anda – lihat Mencari profil Anda tanpa membuka Firefox .
  3. Hapus parent.lock file kunci.

3. Periksa nama profil folder dan lokasi

Jika Firefox tidak dapat menemukan folder profil , itu akan melaporkan profil yang sedang digunakan atau sudah berjalan. Hal ini dapat terjadi jika Anda secara manual menghapus, mengubah nama atau memindahkan folder profil, jika Anda menjalankan Firefox dari removable media, atau jika folder profil disimpan pada drive jaringan. Dalam kasus tersebut, Anda harus mengembalikan folder profil Firefox untuk nama aslinya dan lokasi.

4. Inisialisasi koneksi ke berbagi file

Jika Anda menyimpan profil pada berbagi file, coba akses berbagi file sebelumnya menggunakan Windows Explorer.

5. Periksa hak akses

Firefox juga harus memiliki hak untuk membuat file dalam folder profil. Hal ini dapat terjadi jika Anda mencoba untuk menggunakan profil dari sistem file mount dengan read-only (misalnya share Windows terpencil yang tidak memiliki “Izinkan pengguna jaringan untuk mengubah file saya” dicentang).

Untuk memeriksa apakah folder profil memiliki izin yang tepat:

  1. Pergi ke folder profil Firefox Anda – lihat Mencari profil Anda tanpa membuka Firefox .
  2. Naik satu folder.
  3. Klik kanan pada folder profil Anda, dan pilih Properties.
  4. Klik pada tab General.
  5. Pastikan Read-onlytidak diperiksa ditandai.readonlyprofile.png

6. Mengembalikan data dari profil terkunci

Jika Anda tidak dapat membuka profil menggunakan metode di atas, gunakan Profil Manajer untuk membuat profil baru dan migrasi data Anda dari profil terkunci ke profil baru.

About these ads