Saat kita akan menginstal sebuah sistem operasi pada PC/laptop kita. tentu yang harus kita lakukan adalah mengecek apakan processor kita ber arsitektur x86(32-bit) atau x64(64-bit), karna kita tidak bisa sembarangan menginstal versi sistem operasi, apakah sistem operasi 32-bit atau 64-bit.

karna sistem operasi 64-bit tidak bisa di instalkan pada processor berasitektur x86(32-bit), sedangkan sistem operasi 32-bit dapat di instalkan pada processor berasitektur x86 maupun x64.

lalu bagaimana cara mengetahu apakah processor kita berasitektur x86 atau x64?.
cara yang paling sederhana yaitu saat pembelian processor tersebut, biasanya di box pembelian selalu di sertakan apakah processor tersebut x86 atau x64. namun ada kalanya kita lupa menaruh box processor tersebut ataupun mungkin kita membeli sebuah PC built up tanpa keterangan yang lengkap tenteng spesifikasinya. Untuk itu cara lain mengetahui arsitektur processor kita adalah dengan melihat pada computer properties, regedit, MSINFO, ataupun software pihak ke-3 seperti CPU-Z.

1. Menggunakan Computer Properties
Klik Start –> Klik kanan pada Computer -> Klik Properties. Klik pada Windows Experience Index.

computer-properties

Klik pada View and Print detailed performance and system information.
performance-information
Jika processor anda kompatibel dengan processor x64 (64-bit), maka pada bagian64-bit capable akan bertuliskan Yes.
64bit-capable

2. Menggunakan Regedit
Klik Start -> ketikkan regedit (Windows Vista)
Klik Start –> pilih Run –> ketikkan regedit (Windows XP)
Cari Key :
HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor
Pada layar sebelah kanan akan terlihat String “ProcessorNameString” yang menampilkan nama processor anda, dan pada String “Identifier” akan menampilkan tipe processor. Jika menampilkan pesan seperti dibawah ini :
x86 Family 6 Model 15 Stepping 13 (berjenis x86)
Intel64 family 6 Model 15 Stepping 10 (berjenis x64 atau kompatibel dengan x64)
registry-information

3. Menggunakan MSINFO32
Klik Start -> ketikkan msinfo32 (Windows Vista)
Klik Start –> pilih Run –> ketikkan msinfo32 (Windows XP)
sistem-information

Bisa dilihat pada item System Type menampilkan x64-based PC jika kompatibel dengan x64, dan X86-based PC jika hanya mendukung tipe x86 (32-bit)
4. Menggunakan CPUZ
CPUZ merupakan utility yang digunakan untuk menampilkan semua informasi tentang CPU (Processor), Cache, Mainboard, Memory, dll yang digunakan pada sebuah PC atau Laptop. Untuk bisa menggunakannya silahkan Download CPUZ.
Informasi akan ditampilkan pada bagian Instructions pada CPU tab, jika menampilkan EM64T (Intel Processor) atau AMD64 (AMD Processor). Jadi jika menampilkan kedua status tersebut, berarti anda dapat menginstalkan Windows versi 64-bit.
cpuz-capable

Setelah kita tahu arsitektur processor milik kita, sekarang kita dapat menginstal sistem operasi dan software yang cocok dengan processor kita.
Semoga Bermanfaat.

About these ads