Salah satu hal yang paling saya suka dari sistem operasi Android adalah kita dapat mengotak-atiknya sekreatif mungkin dan mendorong inovasi di bidang teknologi. Salah satu inovasi terbaru dengan menggunakan sistem operasi Android adalah mini komputer yang menggunakan sistem operasi Android.

VIA Android PC

Bagi mereka yang sering mengoprek-oprek PC pasti tahu perangkat apa yang ditamplikan di gambar di atas. Mirip dengan motherboard. Nah, mari kita lihat gambar selanjutnya di bawah ini:

Via Android PC Comparison

Kecil sekali bukan ukurannya? Nah, itu adalah ARM PC dari VIA (salah satu pemain lama di dunia PC) yang menggunakan sistem operasi Android versi 2.3. Komputer ber-Android dari VIA ini berspesifikasi prosesor 800 Mhz ARM11, 512 MB of DDR3 RAM, kapasitas 2 GB, GPU, port, Ethernet, 4 port USB, Audio-out/Mic-in, slot microSD, HDMI, dan port VGA. Dan, rencananya akan dijual seharga $49.

Selain dari VIA ini, ada beberapa lagi yang menyajikan fitur yang mirip namun dengan bentuk lebih mirip dengan USB Flashdisk, yaitu FXI Cotton Candy dan AllWinner A10 Android 4.0 PC:

FXI Cotton Candy A10 Android 4.0 PC
FXI Cotton Candy (kiri) dan AllWinner A10 Android 4.0 PC (kanan)

Menurut situs resmi FXI, beberapa contoh penggunaan mini PC di atas adalah seperti membuat TV / monitor yang kita punya menjadi seperti Smart TV atau bahkan membuat laptop kita dapat menjalankan OS Android.  Namun begitu tidak terbatas hanya pada penggunaan tersebut, tergantung kreatifitas penggunanya.

Menarik menurut saya untuk melihat apa saja yang dapat kita kreasikan dengan menggunakan mini komputer ber-Android ini. Namun ntah apakah perangkat-perangkat ini sudah beredar di Indonesia atau belum.