1. Android Froyo atau yg lebih di kenal dgn Android 2.2.

Walaupun beda tipis (Android Eclair 2.1 dgn Froyo 2.2) tapi jgn salah, kemampuannya sangat beda jauhhhh bgt. Yuk kita liat apa aja kemampuannya:

Pertama, Tingkat Kinerja Android Froyo 450x lebih ngebut dari Eclair (pake turbo boost kali yah, ati2 bung jgn lupa pake sabuk pengaman).

Kedua, Flash muncul di Froyo. Nah loh Apple jelas2 menentang Flash yg notabene teknologi usang dan boros batere (bukan kata saya tapi kata bos Steve Jobs) malah di hadirkan di Froyo. Apakah dgn menghadirkan Flash itu artinya Froyo akan mengejar ketinggalan Iphone (berbicara ttg Grafik sehingga dpt menghadirkan lebih banyak Game)? Tapi hati2 baterai android anda akan cepat habis (kecuali bawa cadangan aja kan jadi aman).

Ketiga, Radio dan Update Otomatis. Kayaknya Radio itu hal yg umum di hp Nokia yah tapi ga di Android. Dan yg lebih serunya nanti di Froyo akan bisa menginstall applikasi di SD Card loh (bayangkan Nexus One saya SD card 4Gb bisa install applikasi brp banyak di bandingkan 256Mb). Update otomatis akan mengupdate setiap applikasi yg terinstall secara otomatis, artinya Android anda membutuhkan sim card yg sangat kencang. Kalo jaringan lambat, maka imbasnya batere akan lebih cepat habis terkuras karena hp akan selalu mencari jaringan.

2. Iphone 4.0

Apple mengumumkan rencana untuk software iPhone terbesar dan paling menarik. IPhone OS 4 akan mencakup lebih dari 100 fitur baru untuk pengguna iPhone dan iPod touch. Dan bagi pengembang, sebuah kit pengembangan software baru (SDK) menawarkan lebih dari 1500 API baru untuk membuat aplikasi yang lebih kuat, inovatif, dan menakjubkan. Kayaknya Apple berusaha untuk mendekati applikasi Android yg jumlahnya sangat banyak (ga mau ketinggalan nih om Steve). Dari sekian banyak fitur, yg paling menonjol ada 4 buah. Apa aja yah? Yuk kita bahas satu2:

Pertama, Multitasking. Pengembang akan memiliki akses ke tujuh layanan multitasking, yang akan memungkinkan tugas tugas yang akan dilakukan di latar belakang sambil menjaga performa dan masa pakai baterai. Jadi, Anda akan dapat membuat panggilan Voice over IP sambil bermain game atau mengecek email, menemukan restoran saat mendengarkan Pandora, dan banyak lagi. (wah kayaknya sekarang bukan komputer aja nih yg bisa multitasking).

Kedua, Folders. Mengatur aplikasi ke folder dengan sederhana drag-and- drop. Dapatkan akses cepat ke favorit Anda dan menelusuri dan mengelola sampai dengan 2.160 aplikasi sekaligus – banyak lebih dari batas saat ini dari 180 aplikasi. Nah yg satu ini dapat disebut juga dgn istilah Folder Customize and Optimized. So sekarang Iphone anda bisa lebih teratur dgn menggunakan Folder.

Ketiga, Fasilitas Email yg di percanggih. Lihat semua pesan dari account email Anda ditampilkan bersama-sama dalam “unified inbox”, beralih di antara inboxes lebih cepat, mengatur threads, dan bahkan open attachments di third-party apps. (bahasa Inggris kalo diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia semua jadi aneh makanya ada kata2 yg lebih familiar dalam bahasa Inggris).

Keempat, iBooks. Cara terbaik untuk mencari, membeli, dan membaca buku pada perangkat mobile. Mudah membolak-balik halaman buku Anda men- download dari iBookstore sambil mendengarkan koleksi musik Anda. Puluhan ribu buku (banyak dari mereka yg gratis) dengan judul, penulis, atau genre. Anda bahkan dapat melihat ulasan dan membaca halaman sampel sebelum Anda membeli. Nah loh kayaknya kalau size does not matter kita ga harus memiliki Ipad buat baca. Cukup dgn sebuah Iphone yg dpt menggantikan fungsi Ipad. Cukup keren bukan.

Tapi untuk mendownload Iphone OS 4.0 ini ada syarat yg harus dipenuhi, penasaran? iPhone OS 4 akan bekerja dengan 3G iPhone, 3GS iPhone, iPod touch, dan dengan iPad. Tidak semua fitur yang kompatibel dengan semua perangkat. Sebagai contoh, multitasking tersedia hanya dengan 3GS iPhone dan iPod touch generasi ketiga (32GB dan 64GB model dari akhir 2009). Nah kalau teman2 hanya memiliki Iphone 2G sepertinya cuma akan gigit jari doang.

3. Blackberry OS 6.0

Saya akan mengulas 6 kemampuan super yg dimiliki BB OS 6, apa aja? Yuk kita kupas (bukan kupas bawang loh) satu2:

Pertama, RIM telah menerapkan “kinetic scrolling” dengan rubber banding. Seperti yang diharapkan, ini merupakan evolusi yang ada BlackBerry OS. Rupanya Blackberry mau memperindah tampilan terutama di scrolling. Jadi seperti Iphone ato Android.

Kedua, RIM telah menerapkan multitouch seluruh OS – browser web, foto (termasuk teknologi pinch to zoom!). Wah rupanya RIM mau mengejar ketinggalannya. Mudah2an belum terlambat.

Ketiga, Inbox dengan thumbnail besar untuk mengidentifikasi jenis pesan (facebook, twitter, dll) dan fitur built-in RSS. Anda akan mencintai pengalaman di sini …

Keempat, Homescreen changeup: Tidak mendukung widget, tapi RIM memiliki sesuatu yang disebut “Pages”. Jadi bagi Widget lovers dapat mencoba fasilitas yg satu ini. Mudah2an bermanfaat.

Kelima, Pada perangkat touchscreen, popup modal baru dengan gerakan – tekan terus, muncul ikon set (menu) dengan menu konteks. Mungkin jadi semacam Dolphin browser mendukung gerakan tangan. Bagi pencinta touch screen (seperti saya, red) ini jadi seperti angin segar.

Keenam, Updated media player, photos app and of course the WebKit browser!! Wah Blackberry rupanya mau mengganti imagenya dari smartpohne for business jadi multimedia smartphone. Cool…!!!

Nah kesimpulan dari ulasan di atas:

Blackberry mau mengejar ketinggalannya dan menganti image dari smartphone for business menjadi multimedia sedangkan Android dan Iphone mau berusaha untuk memperbanyak applikasi di market mereka. Dengan begini yg di untungkan adalah pengguna. Udah ga sabar ingin mencoba? Tunggu saja release resminya dari Google, Apple dan RIM.