Mengetahui Keberadaan Teman Melalui Aplikasi Google Latitude !!
Februari 16, 2009 oleh sofyanhadi

Pernahkah anda bingung mencari keberadaan anak kita yang nggak pulang-pulang..? Atau Janjian ketemu teman di suatu tempat yang belum pernah kita datangi..? Hal ini sekarang tidak akan terjadi kalau kita memanfaatkan Google Latitude. Aplikasi Google Latitude adalah pengembangan dari aplikasi Google Map yang sebelumnya telah dibahas juga dalam tulisan lain di blog ini.
Sejak dilaunchingnya Google Map yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna handphone bahkan yang belum support GPS, saat itu saya berfikir bahwa suatu saat pengguna Facebook suatu saat akan mengupdate statusnya lengkap dengan lokasi tepat dimana status itu dituliskan, hal ini ternyata telah keduluan Google Latitude, dimana dengan Google Latitude, kita bisa melihat posisi teman kita (tentunya yang sudah mengijinkan kita) di seluruh dunia.
Bagaimana Cara Menggunakan Google Latitude
Pengguna Google Latitude adalah pengguna internet yang sudah mempunyai account di Google (mempunyai gmail address), mungkin ini termasuk strategi Google untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengguna google di internet, karena dari sinilah bisnis utama google dimulai.
Untuk bisa mengetahui posisi teman kita, maka kita harus mendaftarkan alamat emailnya (email gmail) ke dalam daftar teman yang kita miliki, tentunya perlu approval dari teman kita yang mengijinkan posisinya kita ketahui. Setelah disetujui, maka kita dengan mudah bisa mengetahui posisi teman kita, posisi ini adalah posisi terakhir saat teman kita masuk ke Google Map, lengkap dengan kapan mereka berada disitu (ditandai dengan berapa menit, berapa jam atau berapa hari yang lalu)
Untuk Menggunakan Google Latitude kita harus download aplikasi melalui handphone anda ke alamat http://www.google.com/latitude, Google Latitude ada dalam Google Map Mobile versi terbaru.
Berikut adalah video tentang google latitude :
Setelah aplikasi kita download dan diinstall di HP kita, maka kita bisa segera menggunakan Google Latitude ini untuk menunjukkan posisi teman-kita (yang sudah terdaftar).
Berikut adalah beberapa screen shot di HP saya saat mengakses Google Latitude :

Jika posisi kita tidak ingin diketahui orang lain, maka kita bisa setting di provacy kita (lihat gambar diatas).
Selain dari HP, kita juga bisa memantau keberadaaan teman kita melalui iGoogle seperti tampak pada gambar dibawah :

Sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan Google Latitude misalnya :
1. Untuk mengetahui keberadaan sodara-saoudara kita atau anak-anak kita, sehingga kita bisa dengan cepat tahu posisi mereka
2. PT KAI sebenarnya bisa memanfaatkan Google Latitude ini, tinggal masing-masing gerbong/masini diberi diberi HP yang sudah GPS enable (seperti Nokia 6110 Navigator dll), dan penumpangnya tinggal add sebagai friend. Nah tar kalau mau tahu posisi Kereta tinggal buka HP, simple dan gratis…..
3. Busway misalnya…, jadi kita tidak menunggu tanpa kepastian, karena kita bisa mengetahui lokasi Busway dengan mudah dari HP.
4. Teknisi yang mobile, mungkin perusahaan yang memiliki teknisi yang tersebar di dalam kota bisa dengan mudah memberikan job kepada teknisi terdekat yang sedang ada di sekitar perusahaan yang membutuhkan pelayanan
Rasanya masih banyak ide-ide yang akan muncul dengan tools gratis dari Google ini..
Selamat Mencoba..!!