Memory jenis DDR3 yang telah beradar cukup luas dan umum digunakan komputer PC, segera digantikan oleh jenis yang lebih baru, yaitu memory DDR4. Micron Technology, perusahaan yang bergerak di bidang semi konduktor hari Senin menyatakan, memory DDR4 akan menjadi penerus DRAM DDR3 dan segera digunakan diberbagai perangkat tahun depan. Perusahaan ini juga telah mulai mengirimkan sampel jenis memory DDR mendatang.

Memory baru jenis DDR4 lebih hemat listrik dan lebih cepat dari memory sebelumnya jenis DDR3, yang ditemukan di sebagian besar komputer baru saat ini. Memory DDR4 juga akan mengalirkan data dengan kecepatan lebih tinggi pada sistem komputer.
Memory DDR pertama kali dibuat untuk digunakan pada server dan dekstop, hingga kemudian digunakan pula untuk laptop. Micron menyatakan, mereka berharap memory DDR4 juga akan mencapai perangkat portable seperti tablet, yang saat ini menggunakan jenis memory low-power dari DDR3 dan DDR2.
Daya yang dibutuhkan oleh DDR4 dipastikan lebih rendah dari memory sebelumnya, yaitu mulai dari 1.2 volt, sementara DDR3 mencapai 1.5 volt. DRAM ini juga akan mentransfer data pada kecepatan tinggi, dengan bus speed mulai dari 2133MHz. Selain itu memory baru dirancang agar dapat memproses read, write dan refresh lebih efisien, sehingga dapat membantu meningkatkan performa aplikasi serta dapat memperoleh informasi dari storage dengan lebih cepat.
Micron dalam suatu pernyataan menyatakan, JEDEC (Joint Electron Devices Engineering Council) organisasi yang menetapkan standar memory diharapkan sudah memutuskan spesifikasi final memory DDR4 pada pertengahan tahun. Sehingga, perusahaan diharapkan sudah bisa memulai produksi masal memory DDR4 pada akhir tahun.

Bagian pertama dari DRAM DDR4 dikembangkan Micron bekerja sama dengan produsen memory Nanya Technology dan nantinya, akan diluncurkan sejumlah unit DDR4 dengan kecepatan transfer maksimum sesuai standar JEDEC mencapai 3.2 gigatransfer perdetik.