Semakin populernya sebuah platform, maka semakin banyak pula para pengganggunya yang menciptakan virus untuk platform tersebut. Perkembangan virus pun dapat melonjak secara signifikan. Hal ini juga menimpa Android yang saat ini memiliki banyak pengguna dan akan semakin bertambah. Ada baiknya tablet atau ponsel Android Anda sudah terinstal aplikasi antivirus terbaik untuk menyelamatkan Android Anda dari berbagai macam virus dan malware ganas, dan bahkan bisa melindungi dari tindak pencurian.

AVTest, sebuah lembaga independen peneliti antivirus, pada tanggal 15 Maret 2012 telah melakukan penelitian terhadap 41 antivirus untuk android dan mencari yang terbaik diantara antivirus-antivirus tersebut terhadap jenis virus dan malware ganas. Dari berbagai macam antivirus tersebut, didapat 10 Antivirus Terbaik untuk Android, antara lain:

  1. Avast
  2. Dr. Web anti-virus Light
  3. F-Secure Mobile Security
  4. Ikarus Mobile Security LITE
  5. Kaspersky Mobile Security
  6. Lookout Security & Antivirus
  7. McAfee Mobile Security
  8. MYAndroid Protection/MYMobile Security
  9. NQ Mobile Security/NetQin
  10. Zoner Antivirus Free

Kesepuluh antivirus tersebut terpilih karena mampu mendeteksi lebih dari 90% virus dan malware ganas. Tapi Kaspersky Mobile Security dan McAfee Mobile Security yang masuk jajaran paling unggul.

Sementara yang lainnya memiliki rata-rata antara 65% – 90% yang masih bisa dibilang sangat baik, diantaranya AegisLab, AVG Mobilation, Bitdefender, BullGuard, Comodo, ESET, Norton/Symantec, QuickHeal, Super Security, Total Defense, Trend Micro, Vipre/GFI dan Webroot. Untuk BitDefender, ESET, Trend Micro dan Vipre hampir mendekati 90%, yakni sekitar 88,1% hingga 89,9%.

Sementara itu BluePoint, G Data, Kinetoo, ALYac Android, Android Antivirus, Android Defender Virus Shield, Antivirus Free, BlackBelt AntiVirus, CMC, Fastscan, GuardX, MobiShield, MT Antivirus, Privateer LITE,  Snap Secure,  TrustGo,  LabMSF Antivirus beta dan MobileBot Antivirus hanya mendapatkan rata-rata dibawah 65%.

Apa antivirus Android Anda saat ini?