Anda sangat menginginkan ponsel canggih Android namun tidak memiliki budget yang cukup? Ada orang lain yang menjual kepada Anda ponsel Androidnya dengan harga lebih murah? Anda harus berhati-hati dalam membeli produk second (bekas) karena bisa jadi ponsel tersebut ada masalah dan menjadi beban Anda dikemudian hari setelah membelinya. Berikut ada 6 tips sederhana yang mungkin bisa membantu Anda untuk memilih dan memilah serta dapat menentukan harga yang cocok dengan ponsel yang akan dijual tersebut.

1. Cek garansi
HP Android yang memilliki garansi lebih lama wajar memiliki harga lebih mahal. Mintalah garansi jika memungkinkan.

2. Lakukan tes melalui kode-kode
a. Tekan *#*#0*#*#* untuk memeriksa layar.
b. Tekan *#2664# untuk memeriksa masalah pada layar, dengan membuat garis tanpa putus.
c. Tekan *#0673# untuk memeriksa speaker.
d. Tekan *#0842# untuk memeriksa getaran.

3. Cek fisik
Lihat apakah body HP masih licin atau ada cacat? Lihat juga label dan stiker hologram di bagian belakang HP, untuk melihat apakah sudah pernah diservice apa belum? Lalu Anda bisa matikan HP lalu dihidupkan lagi untuk melihat seberapa lama HP tersebut aktif, apakah normal atau tidak?

4. Cek Panggilan
Cobalah gunakan HP untuk panggilan keluar dan masuk, pastikan suara dapat terdengar dengan baik. Pastikan juga speaker bekerja optimal pada suara minimum ataupun maksimum.

5. Cek Baterai
Gunakan HP untuk menelepon atau mendengarkan musik dengan waktu tertentu sehingga dapat melihat apakah baterai stabil atau gampang drop?

6. Cek Kode IMEI
IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, kode ini merupakan kode khusus yang diberikan dari produsennya untuk mengidentifikasi setiap handphone GSM, CDMA, maupun perangkat mobile lain sehingga dapat ditelusuri history pembuatannya. Biasanya kode ini terletak pada bagian belakang HP setelah dibuka baterainya. Atau bisa di cek dengan tekan *#06#. Pastikan kode IMEI di HP sama dengan kode EMEI di kardusnya. Dan untuk mengecek keaslian HP, Anda bisa kunjungi http://imei-number.com/imei-number-lookup/, masukkan kode IMEI yang tertera di HP Anda.

Semoga membantu.