Seperti halnya dalam sistem operasi Windows XP, dalam Windows 7 juga secara default tidak menampilkan beberapa folder dan file yang merupakan bagian dari sistem operasi. File tersebut lebih kita kenal sebagai hidden files atau protected operating system files. Salah satu alasan tidak ditampilkannya protected operating system files adalah untuk mencegah keruksakan sistem misalnya karena tanpa sengaja kita merubah atau men-delete file tersebut. Tetapi untuk keperluan troubleshooting seringkali kita membutuhkan akses ke file dan folder tersebut. Lalu bagaimanakah cara menampilkannya? Untuk Anda pengguna Windows 7 pemula seperti saya, dibawah ini adalah ini adalah “cara untuk menampilkan Hidden Files di windows 7”.

1. Klik Start, pilih Control Panel.
2. Setelah jendela Control Panel terbuka, klik Appearance and Personalization .
3. Tampilannya seperti dibawah ini, perhatikan bagian Folder Option.
4. Klik pada link Show hidden files and folders
5. Pilih Tab View pada jendela Folder Option

6. Pada bagian Hidden files and folders klik pilihan show hidden files, folder,and drives.

Dengan mengaktifkan pilihan ini kita bisa melihat semua file, folder dan Drive yang sebelumnya tak terlihat.

7. Uncheck / hilangkan tanda checkmark pada pilihan Hide extensions for known file types.
Dengan meng-uncheck pilihan ini kita dapat melihat extension yang digunakanpada semua file seperti .docx, .txt dan sebagainya.

8. Uncheck / hilangkan tanda checkmark pada pilihan Hide protected operating system files (Recommended).

Dengan meng-uncheck pilihan ini maka file yang merupakan bagian dari sistem operasi seperti dalam folder Windows akan terlihat.

9. Klik Apply dan kemudian tekan OK.

Sekarang buka kembali jendela Windows Explorer, maka kita bisa menemukan beberapa folder dan files yang tadinya tidak terlihat. Demikianlah cara menampilkan Hidden Files di Windows 7, semoga bisa berguna khususnya bagi pemula seperti saya.hehehe…

Sumber :

http://catatanteknisi.blogspot.com/