Pengertian
Standby (Mengubah komputer Anda menjadi mode hemat energi, di mana ia menggunakan daya yang sangat sedikit.)
Komputer tidak dimatikan secara keseluruhan. Semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Oleh karena itu, modus stand by masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM, berbeda dengan shutdown atau hibernate yang benar-benar mematikan komputer. Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus stand by jauh lebih cepat dibandingkan hibernate (bisa dibilang instan), karena isi RAM masih dipertahankan. Namun jika ada gangguan daya karena beberapa alasan saat dalam keadaan stanby (dan Anda tidak memiliki UPS), kemudian isi RAM yang belum disimpan akan hilang.
Hibernate (Menyimpan lembar kerja Anda [semua windows/aplikasi yang terbuka], kemudian mematikan komputer.)
Hibernate menyimpan konfigurasi komputer sebelum dimatikan. Jadi jika misalkan Anda membuka banyak aplikasi kemudian meng-hibernate komputer,saat komputer dihidupkan kembali aplikasi-aplikasi itu masih terbuka seperti kondisi semula (tidak perlu takut kehilangan data). Ini berbeda dengan shutdown yang akan menghapus data Anda jika belum sempat disimpan.
Sleep (Lebih rumit lagi, karena artinya berbeda pada komputer yang berbeda.)
Mac OS, desktop. Sleep sama dengan standby. Tidak ada cara build-in untuk Hibernate.
Mac OS, laptop. Awalnya sama dengan standby, namun jika tingkat baterai sudah sangat rendah maka laptop secara otomatis melakukan Hibernate.
Windows Vista / 7. Awalnya sama dengan standby, tetapi beralih ke Hibernate jika tingkat baterai sudah terlalu rendah (laptop) atau komputer telah tidur selama lebih dari tiga jam (baik desktop & laptop). Anda dapat mengubah jangka waktu 3-jam di Settings > Power Options.
Windows XP. ???
Shutdown (Menutup semua aplikasi dan menghentikan pasokan arus listrik)
Shutdown pada komputer berarti menghentikan daya dari komponen utama sebuah komputer dengan cara yang terkontrol. Setelah komputer dimatikan, komponen utama seperti CPU, modul RAM dan hard disk dimatikan, meskipun beberapa komponen internal, seperti jam internal, tetap mendapat arus listrik dari baterai. Untuk memulai kembali komputer anda setelah shutdown, diperlukan waktu yang lebih lama daripada Hibernate.
Penggunaan listrik
Komputer
Komputer Desktop 60-250 watt
Screen Saver 60-250 watt
(tidak berbeda)
Sleep / Standby 1 -6 watt
Laptop 15-45 watt

Penggunaan listrik berbeda pada setiap komputer, pada tabel di kiri terlihat bahwa saat komputer menjalankan screen saver tidak ada perubahan besar daya listrik yang digunakan, Mengapa? karena Screensaver awalnya hanya dirancang untuk melindungi monitor CRT (Cathode Ray Tube) agar tidak terjadi “fosfor burn-in” atau bekas terbakar akibat fosfor. Namun monitor saat ini sudah tidak memerlukannya lagi karena tidak akan ada bekas terbakar.

Hibernate dan standby itu pada prinsipnya sama, yaitu membuat komputer menjadi hemat energi saat tidak dipakai dan lebih cepat untuk melanjutkan perkerjaan yang anda tinggal tadi. Namun hibernate menghemat lebih banyak energi karena komputer benar-benar mati, tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk komputer untuk bangun dari hibernasi, sehingga tidak begitu nyaman.

Standby Hibernate
Energy Use 1-6 watts 0 watts
Time to sleep/wake up a few seconds 30 secs. to 3 minutes
Mana yang sebaiknya saya gunakan: Standby, Hibernate, atau Shut Down?
Anda mungkin ingin menggunakan Standby, karena itu yang paling nyaman. Dimana Standby hanya membutuhkan beberapa detik untuk menggunakannya kembali. Dengan Hibernate atau Shut Down, anda harus menunggu 30 detik sampai 3 menit untuk memulai lagi.
Hibernate atau Shut Down akan menyimpan lebih banyak energi, tapi tidak banyak. Enam watt x 23 jam sehari x 30 hari bulan adalah 4,1 kWh, misal rata-rata harga listrik Rp 600 / kWh, maka anda akan dikenakan biaya Rp 2.460 / bulan. Jika angka tersebut penting bagi Anda, maka hibernate atau shutdown komputer anda. Jika tidak, cukup atur komputer Anda ke mode standby sehingga bangun cepat pada saat Anda ingin menggunakannya, dan jangan khawatir tentang perbedaan yang sangat kecil dalam penggunaan energi.
Menyalakan terus menerus mengurangi lifetime komputer itu lebih cepat. Memang benar, komputer setidaknya memiliki lifetime setidaknya 10 tahun. Mengingat Anda dapat mengubah bagian-bagiannya, dapat bekerja dengan baik selama bertahun-tahun, setidaknya 10 tahun. Tapi itu tidak berarti anda harus menjaganya terlalu ketat. Waktu maksimum yang saya sarankan untuk menjaga komputer anda adalah 3-5 tahun. Teknologi komputer sangat cepat usang dan ekonomis (jika tidak layak untuk diperbaiki tinggal upgrade saja) – cara yang lebih cepat sepertinya.