Research in Motion (RIM) dikabarkan akan menggunakan chipset prosesor Snapdragon S4 Pro keluaran Qualcomm untuk memperkuat lini produk BlackBerry 10 yang rencananya hadir mulai kuartal pertama 2013 mendatang.

Seperti detikINET kutip dari TGDaily, Jumat (24/8/2012), kerjasama antara RIM dan Qualcomm memang belum diumumkan secara resmi ke publik. Namun kabar itu sudah santer beredar di BlackberryOS.com.

Rencananya dua model BlackBerry akan diluncurkan pada awal 2013 nanti dari 10 handset BlackBerry 10 yang sudah dijadwalkan. Beberapa di antaranya sedang diuji kelayakannya sebelum dilempar ke pasaran.

RIM menginformasikan kepada developer bahwa ponsel mereka akan menggunakan resolusi 1280 X 720 pixel. Resolusi yang sama seperti pada Galaxy S III dan HTC One X.

Resolusi yang tinggi itu akan dipakai pada ponsel BlackBery 10 yang seluruhnya layar sentuh. Sedangkan yang masih menggunakan keyboard fisik akan menggunakan resolusi 720 X 720 pixel.

Dengan resolusi yang tinggi tentunya akan semakin banyak aplikasi yang terlihat menarik pada perangkat tersebut. Belum lagi saat dipakai untuk menyaksikan video HD, dan menampilkan foto.

BlackBerry 10 memang digadang-gadang bakal menjadi sistem operasi yang revolusioner untuk BlackBerry. Tidak hanya tampilan antar muka yang dipercantik, sistem ini kabarnya juga mengusung sejumlah fitur anyar termasuk keberadaan asisten digital mirip Siri.

Hal ini sekaligus akan menegaskan bahwa perangkat BlackBerry 10 tak hanya andal untuk pebisnis, namun juga untuk pengguna yang gemar menikmati konten multimedia di ponsel.