Kini Windows 8 sudah dapat dibeli dan digunakan. Bagi Anda yang ingin memasang sistem operasi ini, tetapi masih ragu, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan dan kekurangan Windows 8 yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

kelebihan dan kekurangan windows 8
Kelebihan Windows 8

1. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

2. Perbedaan yang paling mendasar dari Windows 8 dengan Windows 7 adalah adanya fitur layar sentuh. Sebenarnya di Windows 7 sudah ada fitur ini, hanya saja kurang maksimal. Untuk itu, Windows 8 diciptakan sebagai penyempurna layar sentuh Windows 7. Bagi yang tidak memiliki PC dengan fitur layar sentuh, Anda tak perlu khawatir. Sebab, fitur ini bisa dioperasikan pada pada PC biasa dengan bantuan trackpad dari Microsoft untuk bisa mendeteksi sentuhan dari penggunanya.

3. Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

4. Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

5. Fitur Multi Monitor Lebih Baik. Bila anda menggunakan lebih dari satu monitor untuk satu PC, mungkin hal ini membutuhkan manajemen desktop yang baik. Kini Anda bisa membuka layar Start pada salah satu monitor dan layar desktop pada monitor yang lainnya. Anda bahkan juga bisa memiliki background yang berbeda antara satu monitor dengan monitor lainnya.

6. User interface yang baik. Pada awalnya, antarmuka atau interface Windows 8 diberi nama Metro, namun diganti dengan nama “Modern” karena masalah hak paten.

7. Ada fitur Cloud di Windows 8. Dengan fitur ini, Anda bisa mensinkronisasi data Anda ke aplikasi Skydrive. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan data Anda dari atau ke Skydrive.

8. PC dengan prosesor AMD atau Intel yang x86-based, kini Windows 8 juga bisa digunakan pada beberapa device yang menggunakan ARM. Hal ini dilakukan untuk bisa bersaing dengan iPad dan tablet Android. Namun, hanya Windows 8 jenis RT (Run Time) saja yang memiliki device ARM ini.

9. Mendukung NFC (Near Field Communications) Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

10. Windows 8 memiliki fitur Charms yang belum dipasang di Windows 7. Dengan fitur ini Anda bisa mengakses menu Search, Share, Device, serta Settings hanya dengan mengarahkan mouse ke arah sebelah kanan layar.

11. Selain fitur Charms, menu Search juga bisa dilakukan di menu Start seperti pada Windows 7. Di Windows 8, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengakses jejaring sosial, karena adanya aplikasi Facebook, Twitter, dan Linkedln yang sudah otomatis terdapat di tampilan. Bahkan, Anda bisa menerima langsung notifikasi dari jejaring sosial tersebut.

12. Windows Store adalah bagian utama dari Windows 8 yang menyediakan berbagai macam aplikasi, baik yang gratis maupun yang berbayar.

kekurangan Windows 8

1. Tumpang tindih Metro User Iinterface dan Aero UI. Pergantian secara terus-menerus antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI.

2. Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain.

3. Tidak ada opsi untuk mengubah tile menjadi icons. Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat kita menginstal banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.

4 Semua aplikasi akan terlihat sama, dengan desain kotak-kotak.

5. Tidak seperti Windows 7, tombol Start pada Windows 8 tersembunyi. Tombol ini berfungsi mirip dengan layar Home pada Windows Phone dan hanya muncul jika Anda mengarahkan panah mouse ke arah pojok kiri bawah.

6. Tidak mendukung konten Flash di Tablet PC, dan bila memakai Notebook Windows 8 tidak bisa melakukan booting ke Metro UI.

7. Untuk mengakses Toko Windows dan untuk men-download dan menjalankan aplikasi, Anda membutuhkan koneksi Internet aktif dan resolusi layar minimal 1024 x 768.

Keunggulan beserta kekurangan dari setiap produk akan selalu ada menurut orang yang berbeda pula.