2012, Tahun Milik Android

Setelah membawa epidemik luar biasa yang ditandai dengan dominasinya di pasar smartphone, tentu sangat tidak berlebihan bahwa tahun ini bisa disebut sebagai ‘demam Android’.

Tidak hanya penjualan dari unit tiap vendor yang mengusungnya, si robot hijau juga tampak gesit dengan lompatan-lompatan teknologinya yang terus berkembang dan semakin baik sepanjang tahun. Berikut ini adalah daftar lompatannya:

November 2011

Kegilaan ini dimulai ketika Motorola merilis Droid Razr yang menjadi pemicu lahirnya beberapa ponsel Android dengan spesifikasi gahar. Hadir dengan layar selebar 4,3 inci (540×960), prosesor dual-core 1.2GHz, 1GB RAM, dan OS Android 2.3 Gingerbread, ponsel ini menjadi perangat Android terpintar di masanya.

Desember 2011

Melalui Samsung, Google merilis varian terbaru klan Nexus, yakni Galaxy Nexus. Dengan spesifikasi nyaris sama dengan Droid Razr, ponsel ini diuntungkan dengan privilege yang diberikan Google, sehingga menjadi ponsel Ice Cream Sandwich pertama. Begitupun ketika Google merilis OS Android Jelly Bean, ponsel ini mendapatkan prioritas. Tak berlebihan jika tahun lalu ponsel ini diklaim sebagai ‘the superphone of superphones’.

Januari 2012

Tahun lalu, layar ponsel ukuran 5 inci dianggap terlalu besar. Tapi anggapan ini kemudian dipatahkan oleh Samsung Galaxy Note yang hadir dengan layar 5,3 inci dan stylus pen yang inovatif. Selain memiliki dapur pacu yang luar biasa, ponsel ini menjadi pelopor yang memadukan fungsi ponsel dan tablet atau yang populer disebut phablet. Kini, ponsel layar 5 inci dianggap sesuatu yang lumrah.

Februari 2012

Tak lebih dari empat bulan setelah merilis Droid Razr, Motorola merilis Drod Razr Maxx yang memiliki daya tahan baterai lebih lama. Tidak hanya lebih lama dari seri terdahulunya, daya tahan baterai Droid Razr Maxx diklaim menjadi yang terlama dibandingkan smartphone Android di pasaran, dengan daya 3.300 mAh yang memungkinkan talktime selama 21,6 jam.

Mei 2012

Selain dari ukuran layar yang semakin membesar, ponsel-ponsel Android juga semakin gahar dari sisi spesifikasi. Menjadi yang pertama di sektor ponsel quad-core, HTC One X diklaim lebih siap menerima tantangan OS Android 4.0 yang dianggap lebih berat dari OS terdahulu. Selain itu, ponsel ini juga masuk dalam daftar ponsel yang memiliki fitur kamera terbaik. Hingga detik ini!

Juni 2012
Layar yang lebih besar, speed yang lebih kencang, layar yang lebih responsif, prosesor yang lebih cepat, dan baterai yang lebih tahan lama, semuanya dihadirkan Samsung Galaxy S III. Dengan kedigdayaan ini, tak heran perangkat ini dilabeli sebagai smartphone terbaik di tahun 2012.

Oktober 2012

The big get bigger! Ya, Galaxy Note II hadir lebih besar dari segala aspek apapun yang ada di versi terdahulunya. Sebut saja layar yang lebih besar (5,55 inci), dapur pacu yang lebih besar (prosesor quad-core 1.6GHz, 2GB RAM), dan OS teranyar (Jelly Bean). Lompatan ini benar-benar luar biasa!

November 2012

Hadir dengan layar terbesar dari smartphone HTC lainnya, Droid DNA tak hanya memiliki display lebih besar dan nyaman bagi mata (1080×1920, 441 ppi), tetapi juga gahar di dapur pacu dengan prosesor quad-core 1.5GHZ, 2GB RAM, dan OS Jelly Bean.

November 2012

Menjadi varian Nexus yang terbaik, LG menghadirkan Google Nexus 4 yang mengubah hampir semua teknologi yang ada di Galaxy Nexus yang tahun lalu menjadi smartphone terbaik. Semua itu dimungkinkan dengan adanya prosesor quad-core 1.5GHz, 2GB RAM, OS Jelly Bean, dan kamera yang lebih baik. Apakah Nexus 4 akan menggeser tahta smartphone terbaik dari Samsung Galaxy S III?